Kamis, 12 November 2009

filsafat yunani

Tokoh filsafat yunani dan buah fikirnya yaitu:

• THALES(625-545 SM)
Thales adalah seorang saudagar yang banyak berlayar ke negeri mesir. Ia juga dikenal seorang ahli-politk yang terkenal di Miletos.
menurut keteranagan Aristoteles, kesimpulan ajaran Thales ialah semua itu aiar. Air yang cair itu adalah pangkal, pokok da dasar (principle) segala-galanya. semua barang terjadi dari air dan semuanya kembalai kepada air pula.
Thales bisa disebutkan sebagai bapak filsafat yunani.

LEUKIPPOS(+ 540 SM)
Sejarah hidupnya hampir tak dikenal. Leukppos ahli pikir yang pertamakali mengajarkan tentang atom. menurut pendapatanay banda terdiri dari atom. Yang dipakai sebagai dasar teorinya tentang atom ialah teorai yang penuh dan kosong.
Faham Leukippos bahwa atom itulah yang ada, tetap tak berubah-ubah, dipengaruhi oleh teori Parmenides (alairan elea), sedangkan fahamnaya bahwa atom itu banyak dan bergerak dipegaruhi oleh Heraklitos. Rupanya Leukppos akan melakukan kompromi dari teori yang bertentangan itu.

DEMOKRITOS (460-360).
Pada zaman dahulu kala, ajaran demokritos banyak dilupakan orang , baru zaman moderen ia dihidupkan kembali karena teryata pendapatanay berdasarkan kepada ilmu pengetahuan.
Dalam hidupnya ia banyak mengadakan perjalan , ke mesi, ke Babylonia, ke Persia, akhrinya ke Atehna. Dengan semanagat seorang idealis besar di semua zaman.
Menurut Demokritos, segala sesuatu mengandung penuh dan kosong. Jikalau kau menggunakan pisau itu harus menemukan ruang kosong supaya dapat menembus. Jika apel itu tidak mengandung kekosongan, ia tentu dapat sangat keras dan tidak dapat secara phisik dibelah. Sedangkan bagian yang penuh dari segala sesuatu dapat dibagi-bagimenjadi titik-titik yang tak terbatas jumlahnaya, dan karena kecilnya ia tidak dapat ditangakap oleh pancaindra.
Demokritos sependapat dengan heraklitos, bahwa anasir pertama adalah api. Api terdiri dari atom yang sangat halus, licin dan bulat. Atom apilah yang menjadi dasar dalam segala yang hidup. Atom api dalah jiwa.
Jiwa itu tersebar ke seliruh badan kita, yang menyebabkan badan kita bergerak.

• PYTHAGORAS (580-500).
Masih di sekitar negeri yunani tepatnya di kepulauaan samos terdapat ahli pikir yang terkenal yaitu pythagoras. dari alam pikiran orang miletos ke kepulauan samos seolah-olah kita harus meninggalkan dunia kebendaan.
Menurut pythagoras filsafat pemikirannya banyak diilhami oleh rahasia angka-angka. Ia beranggapan bahwa hakikat dari segala sesuatu adalah angka. Benda dari benda lain dibatasai oleh angka, kita menentukan segala sesuatu dengan bilangan. Batas, bentuk dan anagak dalam pengertian Pythagoras adalah sesuatu yang sama. segala sesuatu dalam alam raya tidak tertentu dan tidak menentu, baru setelah memiliki batas bentuk dan angka ia menjadai tentu dan pasti. Dunia angka adalah dunia kepastian, dan dunia ini erat hubungannya dengan dunia bentuk. Ilmu angka dan ilmu bentuk adalah satu-atunya ilmu pasti.

GORGIAS (427)
Sejarah kehidupanya kurang diketahui dengan jelas.
pandangan falsafahnya ia mengajuakan tiga proposi sebagai kesimpulan falsafah darinya.
Pertama, Tidak ada yang ada; maksudnya realitas itu sebenaranya tidak ada. Kita mengatakan bahwa realitas itu tunggal dan banyak, terbatas dan tak terbatas, dicipta dan tidak dicipta. teryata Gorgias dalam akhir kesimpulan pemikiran selalu masuk rimba Paradoks, karena ia harus mengatakan bahwa realaitas itu tunggaldan banyak, terbatas dan tidak terbatas diciptakan dan tak dicipta. Karena kontradiksi tidak dapat diterima dalam pemikiran, maka Menurut Gorgias, pemikiran lebih baik tidak menyatakan apa-apa tentang realitas.
kedua, akal tidak juga mampu menyakini kita tenyang bahan alam semesta ini,
ketiga, ia menegaskan ; sekalipun realitas itu dapat kita ketahui, namun ia tidak akan dapat diberitahukan kepada orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar