Rabu, 25 November 2009

Badai Matahari pada Tahun 2012 akan Akibatkan Bencana Besar

Jakarta (GP-Ansor): Menurut laporan website Inggris “New Scientist”, maksud dari badai matahari atau solar storm adalah siklus kegiatan peledakan dahsyat dari masa puncak kegiatan bintik matahari (sunspot), biasanya setiap 11 tahun akan memasuki periode aktivitas badai matahari. Ilmuwan Amerika baru-baru ini memperingatkan bahwa pada tahun 2012 bumi akan mengalami badai matahari dahsyat (Solar Blast), daya rusakanya akan jauh lebih besar dari badai angin “Katrina”, dan hampir semua manusia di bumi tidak akan dapat melepaskan diri dari dampak bencananya.

Badai Matahari Kuat pada 2012 akan Menyerang

Pada 22 September 2012 tengah malam, langit New York, Manhattan Amerika Serikat akan tertutupi oleh seberkas layar cahaya yang warna-warni.Di wilayah selatan New York ini, sangat sedikit orang yang dapat melihat fenomena aurora ini. Namun, perasaan menikmati indahnya pemandangan alam ini tidak akan berlangsung lama. Setelah beberapa detik, semua bola lampu listrik di wilayah tersebut mulai gelap dan berkedip tak menentu, kemudian sinar cahayanya dalam seketika tiba-tiba bertambah terang, dan cahaya bola lampu menjadi luar biasa terang. Selanjutnya, semua lampu mati. 90 detik kemudian, seluruh bagian Timur Amerika Serikat akan mengalami pemadaman listrik. Setahun kemudian, jutaan orang Amerika mulai mati, infrastruktur negara akan menjadi timbunan puing.

Bank Dunia akan mengumumkan Amerika berubah menjadi negara berkembang. Pada saat yang sama, Eropa, China dan Jepang dan daerah lain atau negara juga akan sama seperti Amerika Serikat, berjuang dalam bencana sekali ini. Bencana ini datang dari badai matahari atau solar storm yang dahsyat, terjadi pada permukaan matahari yang berjarak 150 juta km dari bumi.

Alat Deteksi Amerika Berhasil Mengambil Foto Badai Matahari

Mungkin cerita di atas kedengarannya mustahil, dalam keadaan normal matahari tidak akan bisa menyebabkan bencana besar seperti itu pada bumi. Namun, laporan khusus yang dikeluarkan oleh National Academy of Sciences, Amerika Serikat pada bulan Januari 2009 menyatakan bahwa bencana seperti ini sangat mungkin bisa terjadi. Studi tersebut disponsori oleh NASA. Dalam beberapa dekade, dalam perkembangan masyarakat manusia, peradaban Barat telah menanamkan bibit-bibit untuk kehancuran mereka sendiri.

Cara hidup modern secara berlebihan yang sangat tergantung pada ilmu pengetahuan dan teknologi, secara tidak sengaja membuat kita lebih banyak terperangkap dalam suatu kondisi yang super berbahaya. Plasma balls yang dipancarkan dalam letusan permukaan matahari mungkin bisa menghancurkan jaringan listrik kita, sehingga mengakibatkan bencana dahsyat.

Daniel Becker dari University of Colorado seorang ahli cuaca angkasa adalah pencetus laporan khusus dari Academy of Sciences Amerika Serikat, “Sekarang ini kita semakin dekat dengan kemungkinan bencana ini. Jika manusia tidak dapat mempersiapkan diri deng-an matang terhadap bencana badai matahari yang akan menimpa ini. Badai matahari ini mungkin akan memutuskan pasokan listrik umat manusia, sinyal ponsel, bahkan termasuk sistem pasokan air.”

Namun demikian, ada beberapa ahli yang menyatakan pandangan yang berbeda, mereka mempertimbangkan dampak badai matahari terutama terkonsentrasi di luar ruang angkasa, dan karena efek rintangan medan magnetik bumi dan atmosfir, pengaruh gangguannya tidak akan terlalu nyata terhadap kehidupan di bumi.

Para ahli mengatakan, ketika aktivitas badai matahari aktif, akan terus menerus terjadi pembakaran dan peledakan pada sunspot, pada saat sejumlah besar sinar ultraviolet dilepaskan akan menyebabkan densitas lapisan ionosfir di atas angkasa bumi meningkat mendadak, menyerap habis energi gelombang pendek, sehingga gelombang pendek sinyal radio terganggu. Tetapi ponsel yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari, termasuk transmisi sinyal radio tidak melalui lapisan ionosfir, sehingga pada umumnya dampak badai matahari terhadap komunikasi di permukaan bumi tidak akan signifikan. Secara teori, pada umumnya intensitas badai matahari tidak akan bisa menerobos perlindungan atmosfer dan medan magnetik bumi, hingga secara fatal mengancam spesies yang berada di bumi. Tetapi untuk badai matahari tahun 2012 para ahli khawatir mungkin menjadi pengecualian.

Ilmuwan Amerika Serikat memperingatkan bahwa, pada 2012 badai matahari yang kuat di bumi akan membawa malapetaka besar pada manusia, yang akan mempengaruhi setiap aspek pada masyarakat modern sekarang. Para ahli yang mengeluarkan peringatan meng-atakan, dampak badai matahari pada bumi kemungkinan adalah “efek domino”.

Coba pikirkan, bila jaringan listrik menjadi rapuh dan tidak stabil, hal-hal yang berhubungan dengan bisnis pasokan listrik juga akan menjadi korban: peralatan refrigeration berhenti, makanan dan obat-obatan yang tersimpan dalam ruang berpendingin dalam jumlah besar akan kehi-langan kondisi penyimpanan dan rusak; pompa tiba-tiba berhenti berfungsi, air minum pada masyarakat akan menjadi masalah. Selain itu, karena gangguan pada sinyal satelit, sistem posisi GPS akan menjadi sampah. Sebenarnya pada awal 1859 pernah terjadi kasus serupa, peledakan badai matahari saat itu bahkan me-ngakibatkan jaringan telegram terbakar rusak. Tentu saja sekarang ini di bumi sudah dipenuhi oleh fasilitas kabel dan nirkabel, tetapi fasilitas ini sulit menahan ujian badai matahari.

etika badai matahari kuat menyerang, umat manusia di bumi akan menghadapi dua masalah besar. Pertama, adalah tentang masalah jaringan listrik modern sekarang. Jaringan listrik modern sekarang pada umumnya menggunakan tegangan tinggi untuk mencakup daerah lebih luas, ini akan memungkinkan operasi jaringan listrik lebih efisien, Anda bisa mengurangi kerugian selama transmisi listrik, juga kerugian listrik karena produksi yang berlebihan. Namun, secara bersama ia juga menjadi lebih rentan terhadap serangan cuaca ruang angkasa. transmisi jaringan akan menjadi sangat rentan dan tidak stabil, atau bahkan mungkin menyebabkan terhenti secara total. dan ini hanya merupakan efek domino yang pertama, selanjutnya mungkin juga akan menyebabkan “lalu lintas lumpuh, komunikasi terputus, industri keuangan runtuh dan fasilitas umum kacau; pompa berhenti menyebabkan pasokan air minum terputus, kurangnya fasilitas pendingin, makanan dan obat-obatan sulit disimpan secara efektif. Para ilmuwan telah memperkirakan bila ada intensitas badai matahari kuat mungkin dapat menyebabkan kerugian sosial dan ekonomi manusia, hanya pada tahun pertama saja kerugiannya mencapai 1-2 triliun dollar AS, sementara pemulihan dan rekonstruksinya diperlukan setidaknya 4-10 tahun

Isu yang kedua adalah tentang masalah sistem jaringan listrik yang saling ketergantungan yang dukungan kehidupan modern kita, seperti masalah air dan penanganan limbah, masalah infrastruktur logistik supermarket, masalah pengendalian gardu listrik, pasar keuangan dan lainnya yang tergantung pada listrik. Jika dua masalah digabung jadi satu, kita dapat dengan jelas melihat bahwa peristiwa kemungkinan muncul kembalinya badai matahari Carrington sangat mungkin akan menyebabkan bencana besar yang langka. Adviser laporan khusus dari National Academy of Sciences Amerika Serikat dan analis daya listrik industri John Kappenman menganggap “Bencana seperti ini dibandingkan dengan bencana yang biasa kita bayangkan secara total berlawanan. biasanya wilayah kurang berkembang rawan serangan bencana, namun dalam bencana ini, wilayah yang semakin berkembang lebih rentan terhadap serangan bencana.”
Manusia Belum Mempersiapkan Diri

Menghadapi kemungkinan bencana serius yang akan me-nimpa, Amerika Serikat dan seluruh umat manusia tidak segera merespon untuk mempersiapkan pekerjaan secara baik dalam menghadapi putaran badai matahari berikutnya. Becker me-ngatakan bahwa karena kemungkinan terjadinya skala besar badai matahari sangat kecil, “Seluruh masyarakat bahkan tidak menanggapinya, namun hanya memperhatikan masalah di hadapan mata”. Terhadap cuaca di bumi, para ahli cuaca dapat melacak badai yang akan menimpa selama beberapa hari ke depan, dan mengeluarkan peringatan yang sesuai kepada penduduk setempat, namun badai matahari atau cuaca ruang angkasa benar-benar berbeda. Backer mengatakan bahwa sekarang ini kita masih tidak dapat memprediksi secara akurat waktu dan kekuatan badai matahari, yang dapat diprediksi oleh saya dan rekan saya hanya jika sebuah badai matahari besar menyerang, kami secara mutlak tidak mampu menanganinya.”

Ini mirip dengan peringatan dini bencana angin topan dan manusia di bumi, dewasa ini umat manusia terutama tergantung pada prediksi dari siklus sunspot untuk memantau intensitas badai matahari serta dampaknya pada bumi. Yang dimaksud dengan sunspot adalah proses peningkatan dan pengurangan yang berarti dalam jumlah sunspot setiap 11 tahun. Siklus dihitung mulai dari aktivitas terendah sunspot pada matahari. Dalam masa aktif sunspot akan meningkat, badai matahari yang terjadi akan lebih banyak. Ketika badai matahari terjadi, partikel kecepatan tinggi serta aliran ion yang terbentuk oleh partikel bermuatan listrik yang dipancarkan secara besar-besaran oleh matahari akan berpengaruh terhadap lapisan medan magnit bumi, ionosfir serta kondisi atmosfir netral. Dalam masalah dampak bahaya badai matahari, lebih dari satu abad, orang-orang terus memantau kegiatan sunspot.

Berdasarkan fenomena yang terjadi di atas permukaan matahari serta data bintik matahari siklus yang terjadi sebelumnya, para ilmuwan dari National Center for Atmospheric Research, NCAR, Amerika Serikat, berhasil mengembangkan sebuah model baru ilmu dinamika solar. Dengan model baru, para astronom dapat memberikan peringatan secara dini dari aktivitas sunspot matahari. Mereka berharap bahwa peringatan dini dapat membantu perusahaan-perusahaan listrik, para pengendali satelit dan aspek lainnya dalam beberapa hari atau bahkan tahun-tahun sebelumnya agar bisa bersiap-siap menghadapai kegiatan sunspot matahari. Menurut informasi, ketepatan model baru ini dapat mencapai akurasi 98%. Richard Enke dari National Science Foundation, Departemen Atmospheric Research Amerika Serikat mengatakan bahwa jika dapat secara dini memprediksi aktivitas badai matahari, orang-orang akan dapat dengan baik menanggulangi gangguan seperti komunikasi, kegagalan satelit, pemadaman listrik, serta ancaman terhadap astronot dan hal-hal lain.

Jumat, 13 November 2009

Hakikat manusia

Tidak semua manusia itU akan hIdup kekal di dalam bumi.....
Hilangkan perasangka buruk yg terdapat dalam diri seseorang....
Manusia hidup di dunia ini untUk dapat mendapat n Memberikan kasiH sayank....
Tapi kenapa kasih sayank remaja sekarang bukan kasiH sayank yang nyata dari dalam lubuk hati.....?
Kenapa.....?
Apakah tiap orang sekarang tidak pernah terfikir akan kehidupannya kelak.......?
Benarkah......?
Anak muda jaman sekarang....!!!
Fikirkanlah akan hari2 mu keDepan......
Masa dEpan kita masiH jauh.....
Jangan tergesa-gesa dalam berbuat......
Ingat lah....
SesungGuhnya Allah maha mengetahaui apa2 yg tidak diketahui oleh tiap umat Nya....
Ank muda....
Jangan kau sia-siakan hidup mu saAt ini.....
Berfikirlah.....
InNa Allah ya'lamu ma la ta'lamun......
Jauhkan kan lah dari perbuatan keji dan mungkar.....
Ingatlah jerih payah ortUmu dalam membiayai semua skolah kamu.,..
Kuatkanlah iman mu dEngan ibadahmu......
BaCa lah Al-quran tiap hari...
Coz bAcA Al-quran dapat menenangkan hatimu disaAt kamu lg resah dan gelisah......
Berfikirlah wahai umat kaum adam.....
SaytoN senantiasa mengGangGu kita tiap saAt.....
Sampe hari kiamat datang kepada tiap umat manusia.........
Ya Allah.....
Q bukanlah hambAmu yang kuat akan siksamu.....
Ampunilah dosa-dosa q, ortU q, keluarga q, teman2 q, guru2 q, murid2 q, angGota2 q, umat kaum muslimin wal muslimat.,..
Amien.......
Amien.....
Amien....
Ya raabal 'almin.....

Berfikir

Betapa bodoh na orang2 jaman sekarang.....
Yang berbuat sesuatU tanpa memikir akan apa2 akibAt atas yang dia perbuat....
Berapa banyak umat manusia yang nikah tanpa syarat lengkap hukum nikah.....
Sayang ma pacar bukanlah sayang karena nafsu.....
Ingatlah....!
Bukalah hati umat kaum adam ya Allah.....
Kuat kanlah iman kami......
Ibadah kami......
Ampunilah dosa-dosa kami.....
Tiap manusia mempunyai nafsu.....
Tapi apakah nafsu itU harus dilampiaskan sebelum nikah....?
Mikir dunkz manusia....
Mikir akan dosa apa yang kamu perbuat......
Semua perbuatan kalian semua umat manusia akan dipertangGung jawaBkan di Hari kiamat......
Kuat kanlah iman mu dEngan ibAdah mu......
Sholat malam lah kamu agar kamu mendapat hidayah n petUnjuk dari Allah.....
Orang tUa menginginkan anak2 nya sukses.....
Jalan hidup yang benar tergntUng dari ibadah kalian....
Pernahkah kalian mikir akan dosa......?
Hukum akan berlaku ampe kita diujung perjalanan yaitU hari kiamat....
Dimana hari itU semua perbuAtan kita diminta pertangGung jawaBan nya......
Ingatlah umat kaum adam.....
Pertanda kiamat telah ada......
Bumi semakin lama semakin tUA....
BegitU juga dEngan kit....
Umur kita akan selalu bertmbAh tiap saAt.......
Belum tentU orang yang berhasil di dunia akan berhasil diakhIrat......
Hal yang paling jauh dari kita adlah umur....
Coz umur tidak akan pernah berkurang tapi akan bertmbAh tyus.......
Jangan kau sia-siakan hidup mu sekarang......
La tUakhIr 'amalaka ilal gHodi ma tastati'u anta' malahul yauma.....
InNa Allah rohiimul wadud.....
We must love our lifE.......
Take cAre froM any aCtivity......
Be smart.....
GoOd luck.....
InNa Allah ma'ana daiman.....
Allahu AkbAr..!!!!

^_^Verkay_11^_^

Sahabat

Q masih belum tau akan arti sahaBat yang sesungGuhnya......
Didalam hati setiap manusia pasti ada namanya kesetiaAn......
Tapi kapan kesetiaAn itU akan muncul.........
Apakah sahaBat orang yang sering membuka aib kita didEpan teman-teman kita.....?
Kata sahabAt sangat simple kalo diucapkan dari muluT....
Tapi susah uNtUk ditUnjukKan dEngan perasaAn......
IngIn rasanya q mempunyai saHAbAt yang selalu menemaniku dikala q seDiH maupun bAhagia....
Teman bukanlah sepErti sahaBat....
SahaBat tidaq hanya hadir dalam suka saja.....
Tapi, dia akan hadir dikala manapun kita berada.....
Q belum bisa menjadi saHAbat yang bAex di antara teman-teman q..,.
Tapi q berusaha untUk meyakinkan teman-teman q agar q menjadi saHAbAt didalam hati nya.....
SahaBat q adalah saudara q...,.
BAhkan bisa menajadi bAgian dari keluarga q juga....
SaHAbAt tidak pernah memandang dari segI manapun....
Akan tetapi sahabAt mempunyai karisma terSendiri didalam hati nya..,...
MembUat orang percAya bukan lah hal yang mudah diraih....
Melainkan perbUatan yang sulit dicAri..,..
Ya Allah.....
Berikanlah q saHAbAt yg bAex yang selalu menjaga aib q dan aib teman-teman nya...,
Berikan lah q sahaBat yang selalu memberi mOtivasi kepada q bukan yang menjatUhkan q terus......
Amien....
Amien..,
Amien....
Ya raaBal 'alamin.....

hidup

Setiap manusia tau akan hidup....
HIdup bukanlah dapat bernafas.,..
Tapi hIdup adalah suatU insPirasi di dalam jiwa seseorang....
Manusia dapat hIdup bukan hanya dari makanan dan minuman saja tapi dEngan ilmu dan keterampilan yang ia dapatkan....
Setiap orang memiliki keinginan yang kuat untUk dapat menjadi yang terbAek dari orang sekitar nya....
Tapi tergantUng dari setiap individual....,
SebAgai pRia yang dibilang memiliki tangGung jawaB yang besar terhadap orang yang dEkat dalam kehIdupan nya harus memiliki 2C yaitU CAKAP dan CAKEP......
CAkap menuju dalam jiwa yaitU akal pikiran atau ilmu....
Cakep menuju keDalam fisik.,.,.
Jadi tanpa cAkap manusia tidak dapat maju walupun telah memiliki cAkep dan sebAliknya.,,.
Setiap orang yang pintar akan selalu memikirkan arti dalam kehIdupan nya....
Kalau kita sadari namanya pemikiran itU sangat berarti bAgi manusia...,
Tapi pemikiran orang itU tergantUng dari orang itU sendiri..,..
Semakin berkembAng pemikiran nya semakin berkembAng pula makna kehIdupan didalam dirinya....
Menjadi yang terbAex sangat mudah alias gampang...,
Tapi MEnjaga dari bAex kelebiH bAex sangat lah susah..,
Rasa ingin hIdup yang berguna di dunia itU adalah dambAan setiap manusia.,.,
Pikirlah....
Kenapa bAnyak orang yang bunuh diri didunia ini...?
JawaBan nya cukup seDerhana....
YaitU ilmu...,
Walupun ilmu nya bAnyak tapi tidak da keinginan didalam diri nya untUk berkembAng maka otak tidak dapat beRfungsi lagi dEngan benar yang mengakibAtkan otak akan diem dan dapat menyeBaBkan stresS yang diakibAtkan rusak nya sensor-sensor diotak manusia......
Masalah yang kita hadapi bukanlah hambAtan bAgI keberhasilan kita akan tetapi suatU tantangan buaT kita maju.....
Semakin masalah itU besar semakin luaS lah akal pikiran kita untUk maju......
Tapi semua itU kembAli ke individual.....
Karena tiap orang berkembAng bukan atas orang laen tapi atas diri nya sendiri.......
Tapi hIlangkanlah dari kata yang berSifat memeningkan diri sendiri karena suatU kata itU akan mengHancur kehIdupan tiap orang.....
Kalau kita sadari......
Tiap orang akan membuTuhkan orang.....
Tidak ada orang yang kuat hIdup sendri..,......
Janganlah pernah lari dari masalah karena orang yang lari dari masalah dalah orang pecundang.....
HIdup bAgaikan seorang seniman....
Seniman tidak dapat bekerja tanpa alat tulisnya....
Seperti juga hIdup tidak dapat menjalankan seuatU tanpa adanya ilmu....
Daripada itU berusahalah umat manusia.....

Renungan

Mulailah berfikir sejenak....
Kenapa semua yg bepakuT dEngan dosa gampang dilakukan tapi yang berPakuT dEngan kebAekan sulit dilakukan....?
Niat.....
Dari empat huruf yang sulit diungkapkan......
Semua apa2 yang telah kita niatkan didalam hati kita untUk berbuat bAex tanpa ada keinginan dan tangGung jawaB dari tiap individu akan sulit dikerjakan.....
HIdup tanpa ibAdah ibArat sayur tanpa garam yang hampar kalau dimakan.......
RasululLah berSAbDa didalam hadits......
PerbAnyakLah iaBadah....
SesungGuhnya ibAdah akan membAwa kita keDalam jalan yang benar.,....
PerbAnyakLah shalat malam.....
Dunia semakin tUa,...
Umur semakin bertambAh tapi kenapa dosa juga ikUt bertmBah.....?
Tanpa bertmbAh iman dan kebAekan.....?
Keenakan di dunia hanya terbAtas..,..
Tapi keenakan diakhIrat tiada bAtas nya.....
Telah bAnyak tanda2 kiamat dimuka bumi ini.......,
TingGal kita saja......
Apakah diakhIr2 hayat kita terus berbuAt dosa tanpa berbuAt pahala.......?
Setiap individu mengIngInkan untUk bisa merasakan keEnakan dunia dan akhIrat.,..
BAngkitlah dari kehIdupan kita.......
TUnjukKan kepada seluruh umat bAhwa kita dapat berbuAt kebAekan...,..
Tingkatkanlah ibAdah karena ibAdah lah yang akan kita pertangGung jawabkan di hari kelak....
Dihari pembAlasan.,....
Ya Allah....
KuatKanlah iman ku, ibAdah ku , amal ku, .......
HIndarkanlah q , keluarga q, teman2 q, saudara2 q, guru2 q, murid2 q, n seluruh umat muslim dan muslimat dari siksa api neraka.......
Amien.....
Amien....
Amien.,...
Ya raAbAl 'alamin.....

ilmu hadits

PENDAHULUAN
Hadits adalah pensyarah yang menjelaskan kemujmalan (keglobalan) Al-qur’an. Misalnya didalam Al-qur’an ada perintah untuk mengerjakan sholat, akan tetapi di dalamnya tidak dijelaskan bagaimana cara mengerjakan sholat. Semua hukum-hukum yang berkaitan dengan sholat seperti waktu sholat, rukun-rukun sholat, gerakan-gerakan sholat, pembatal-pembatal sholat, dan hukum-hukum lainnya dapat kita temukan penjelasannya di dalam Hadits
Rasululloh Shallallahu’alaihi wasallam.
Ilmu Hadits adalah ilmu yang sangat luas dan ilmiah. Oleh karena itu, tidak cukup
dengan hanya mengetahui istilah-istilahnya, akan tetapi jika ingin mendalami ilmu ini, seorang
tholabul ilm (penuntut ilmu agama) hendaknya membekali dengan ilmu-ilmu ushul terlebih
dahulu, seperti bahasa arab (nahwu, shorof, dan balaghoh), Tauhid, Mustholahul Hadits, ushul
tafsir, dan ushul fiqh.

PEMBAHASAN
Ilmu Hadits:
Ilmu yang membahas kaidah-kaidah untuk mengetahui kedudukan sanad dan matan, apakah diterima atau ditolak.
Hadits:
Apa-apa yang disandarkan kepada Rasululloh Shallallahu’alaihi wasallam, berupa perkataan, perbuatan, persetujuan, dan sifat (lahiriyah dan batiniyah).
SANADسند)):
Mata rantai perawi yang menghubungkannya ke matan.
MATAN :(متن)
Perkataan-perkataan yang dinukil sampai ke akhir sanad.

PEMBAGIAN HADITS
Dilihat dari konsekuensi hukumnya:
1) Hadits Maqbul (diterima): terdiri dari Hadits sohih dan Hadits Hasan
2) Hadits Mardud (ditolak): yaitu Hadits dhoifPenjelasan:HADITS SOHIH:
Yaitu Hadits yang memenuhi 5 syarat berikut ini :
» Sanadnya bersambung (telah mendengar/bertemu antara para perawi).
» Melalui penukilan dari perawi-perawi yang adil. Perawi yang adil adalah perawi yang muslim,
baligh (dapat memahami perkataan dan menjawab pertanyaan), berakal, terhindar dari
sebab-sebab kefasikan dan rusaknya kehormatan (contoh-contoh kefasikan dan rusaknya
kehormatan adalah seperti melakukan kemaksiatan dan bid’ah, termasuk diantaranya merokok,
mencukur jenggot, dan bermain musik).
» Tsiqoh (yaitu hapalannya kuat).
» Tidak ada syadz (syadz adalah seorang perawi yang tsiqoh menyelisihi perawi yang lebih
tsiqoh darinya.
» Tidak ada illat(علة)atau kecacatan dalam Hadits
Hukum Hadits sohih: dapat diamalkan dan dijadikan hujjah.

HADITS HASAN:
Yaitu Hadits yang apabila perawi-perawinya yang hanya sampai pada tingkatan soduq
(tingkatannya berada dibawah tsiqoh).
Soduq: tingkat kesalahannya 50: 50 atau di bawah 60% tingkat ke tsiqoan-nya.
Soduq bisa terjadi pada seorang perawi atau keseluruhan perawi pada rantai sanad.
Para ulama dahulu meneliti tingkat ketsiqo-an seorang perawi adalah dengan memberikan
ujian, yaitu disuruh membawakan 100 hadits berikut sanad-sanadnya. Jika sang perawi mampu
menyebutkan lebih dari 60 hadits (60%) dengan benar maka sang perawi dianggap
tsiqoh.Hukum Hadits Hasan: dapat diamalkan dan dijadikan hujjah.HADITS HASAN SHOHIH
Penyebutan istilah Hadits hasan shohih sering disebutkan oleh imam Thirmidzi. Hadits hasan
shohih dapat dimaknai dengan 2 pengertian :
» Imam Thirmidzi mengatakannya karena Hadits tersebut memiliki 2 rantai sanad/lebih.
Sebagian sanad hasan dan sebagian lainnya shohih, maka jadilah dia Hadits hasan shohih.
» Jika hanya ada 1 sanad, Hadits tersebut hasan menurut sebagian ulama.

HADITS MUTTAFAQQUN ‘ALAIHI
Yaitu Hadits yang sepakat dikeluarkan oleh imam Bukhori dan imam Muslim pada kitab shohih
mereka masing-masing.TINGKATAN HADITS SHOHIH
» Hadits muttafaqqun ‘alaihi
» Hadits shohih yang dikeluarkan oleh imam Bukhori saja
» Hadits shohih yang dikeluarkan oleh imam Muslim saja
» Hadits yang sesuai dengan syarat Bukhori dan Muslim, serta tidak dicantumkan pada
kitab-kitab shohih mereka.
» Hadits yang sesuai dengan syarat Bukhori
» Hadits yang sesuai dengan syarat Muslim
» Hadits yang tidak sesuai dengan syarat Bukhori dan Muslim. Syarat Bukhori dan Muslim:
perawi-perawi yang dipakai adalah perawi-perawi Bukhori dan Muslim dalam shohih mereka.

HADIST DHOIF:
Hadits yang tidak memenuhi salah satu/lebih syarat Hadits shohih dan Hasan.
Hukum Hadits dhoif: tidak dapat diamalkan dan tidak boleh meriwayatkan Hadits dhoif kecuali
dengan menyebutkan kedudukan Hadits tersebut.

Kamis, 12 November 2009

filsafat yunani

Tokoh filsafat yunani dan buah fikirnya yaitu:

• THALES(625-545 SM)
Thales adalah seorang saudagar yang banyak berlayar ke negeri mesir. Ia juga dikenal seorang ahli-politk yang terkenal di Miletos.
menurut keteranagan Aristoteles, kesimpulan ajaran Thales ialah semua itu aiar. Air yang cair itu adalah pangkal, pokok da dasar (principle) segala-galanya. semua barang terjadi dari air dan semuanya kembalai kepada air pula.
Thales bisa disebutkan sebagai bapak filsafat yunani.

LEUKIPPOS(+ 540 SM)
Sejarah hidupnya hampir tak dikenal. Leukppos ahli pikir yang pertamakali mengajarkan tentang atom. menurut pendapatanay banda terdiri dari atom. Yang dipakai sebagai dasar teorinya tentang atom ialah teorai yang penuh dan kosong.
Faham Leukippos bahwa atom itulah yang ada, tetap tak berubah-ubah, dipengaruhi oleh teori Parmenides (alairan elea), sedangkan fahamnaya bahwa atom itu banyak dan bergerak dipegaruhi oleh Heraklitos. Rupanya Leukppos akan melakukan kompromi dari teori yang bertentangan itu.

DEMOKRITOS (460-360).
Pada zaman dahulu kala, ajaran demokritos banyak dilupakan orang , baru zaman moderen ia dihidupkan kembali karena teryata pendapatanay berdasarkan kepada ilmu pengetahuan.
Dalam hidupnya ia banyak mengadakan perjalan , ke mesi, ke Babylonia, ke Persia, akhrinya ke Atehna. Dengan semanagat seorang idealis besar di semua zaman.
Menurut Demokritos, segala sesuatu mengandung penuh dan kosong. Jikalau kau menggunakan pisau itu harus menemukan ruang kosong supaya dapat menembus. Jika apel itu tidak mengandung kekosongan, ia tentu dapat sangat keras dan tidak dapat secara phisik dibelah. Sedangkan bagian yang penuh dari segala sesuatu dapat dibagi-bagimenjadi titik-titik yang tak terbatas jumlahnaya, dan karena kecilnya ia tidak dapat ditangakap oleh pancaindra.
Demokritos sependapat dengan heraklitos, bahwa anasir pertama adalah api. Api terdiri dari atom yang sangat halus, licin dan bulat. Atom apilah yang menjadi dasar dalam segala yang hidup. Atom api dalah jiwa.
Jiwa itu tersebar ke seliruh badan kita, yang menyebabkan badan kita bergerak.

• PYTHAGORAS (580-500).
Masih di sekitar negeri yunani tepatnya di kepulauaan samos terdapat ahli pikir yang terkenal yaitu pythagoras. dari alam pikiran orang miletos ke kepulauan samos seolah-olah kita harus meninggalkan dunia kebendaan.
Menurut pythagoras filsafat pemikirannya banyak diilhami oleh rahasia angka-angka. Ia beranggapan bahwa hakikat dari segala sesuatu adalah angka. Benda dari benda lain dibatasai oleh angka, kita menentukan segala sesuatu dengan bilangan. Batas, bentuk dan anagak dalam pengertian Pythagoras adalah sesuatu yang sama. segala sesuatu dalam alam raya tidak tertentu dan tidak menentu, baru setelah memiliki batas bentuk dan angka ia menjadai tentu dan pasti. Dunia angka adalah dunia kepastian, dan dunia ini erat hubungannya dengan dunia bentuk. Ilmu angka dan ilmu bentuk adalah satu-atunya ilmu pasti.

GORGIAS (427)
Sejarah kehidupanya kurang diketahui dengan jelas.
pandangan falsafahnya ia mengajuakan tiga proposi sebagai kesimpulan falsafah darinya.
Pertama, Tidak ada yang ada; maksudnya realitas itu sebenaranya tidak ada. Kita mengatakan bahwa realitas itu tunggal dan banyak, terbatas dan tak terbatas, dicipta dan tidak dicipta. teryata Gorgias dalam akhir kesimpulan pemikiran selalu masuk rimba Paradoks, karena ia harus mengatakan bahwa realaitas itu tunggaldan banyak, terbatas dan tidak terbatas diciptakan dan tak dicipta. Karena kontradiksi tidak dapat diterima dalam pemikiran, maka Menurut Gorgias, pemikiran lebih baik tidak menyatakan apa-apa tentang realitas.
kedua, akal tidak juga mampu menyakini kita tenyang bahan alam semesta ini,
ketiga, ia menegaskan ; sekalipun realitas itu dapat kita ketahui, namun ia tidak akan dapat diberitahukan kepada orang lain.

مقالة لعلم الحديث

تعريف علم الحديث
المقالة
لاستيفاء بعض المتطالبات لمادّة علم الحدي
Drs,H.MUHADI ZAINUDDIN Lc,M.Agتحت إشراف الأستاذ :

قدمه :
RICKY ADITYA DWI PRASETYA
09421006

HUKUM ISLAM
FAKULTAS ILMU AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
YOGYAKARTA
ه20091430ه/

المقدّمة
كان المصدر التشريع فى عهد الرسول عليه الصلاة والسّلام كتاب الله (القران) و السّنة (الحديث). الحدىث الشريف له أهمية كبيرة ، إذ يعتبر من أشرف العلوم قدرا، منزلة بعد كتاب الله عزوجل، كما أنه المصدر الثانى من مصادر فى الإسلام.الحديث هو الشارع عن مجمل القران. علم الحديث هو علم الذي أوسع و العلمية. إذا أردنا أن نتعّلم علم الحديث وجب علينا أن نتعّلم علم الذي فيه علاقة مع علم الحديث كمثل علم المصطلح الحديث،علم الصرف، علم النحو، و التوحيد و غير ذلك.
البحث
علم الحديث
علم الحديث الخاصّ بالرواية: علم بشتمل على أقوال النبي صلّى الله عليه وسلّم و أفعال و روايتها و ضبطها وتحرير ألفاظهاز.
الحديث
لغة : الجديد، وهو ضد القديم.
إصطلاحا: عند العلماء (ما أضيف إلى النبي ص م من قول أو فعل أو تقرير أو صفة الخلقية).
و عند الجمهور يشمل على (ما أضيف إلى النبي ص م أو الصحابى أو التابعى) فيشمل الحديث الموفوع،وما أضيف إلى الصحابى، كذلك يشتوي على ما وقف به عند التابعى فيكون الحديث المقطوع.
السنة
لغة : الطريقة و السيرة. وفى الكتاب العزيز قال الله تعالى (قد خلت من قبلكم سنن فسيروا فى الأرض فانظروا كسف كان عاقبة المكذبين).
الخبر
لغة : العلم و النبأ ويجمع على أخبار.
وعلى هذا فالخبر مباين للأنواع السابقة، لا يبحث عنه فى هذا الفنّ، إنما يبحث عنه فى التاريخ والقصص، و من ثم قيل لمن يشتغل بالسنة. (محدث) ولمن يشتغل بالتاريخ والقصص(أخبارى).
الأثر
لغة : بقية الشئ ويجمع على أثار.
إصطلاحا : فيه أقوال :
الأول :هو مرادف للحديث، أى أن معناهما واحد إصطلاحا. أى ما ضعيف إلى النبي ص م أو إلى الصحابة أو التابعين، فهاذا شمل المرفوع والموقوف والمقطوع.
الثانى : مغاير له، وهو ما أضيف إلى الصحابة والتابعين من أقوال و أفعال، أى أنه يختصّ بالموقوف والمقطوع و قد نقل عن فقهاء خراسان لهم يطلقون. (الأثر) على الموقوف و (الخبر) على المرفوع.
السند
لغة : ما يستند عليه، فلان سند: أى معتمد.
إصطلاحا: سلسلة أسماء الرواة الذين نقلوا هذا الحديث بالتسلسل واحد على واحد من أول شيخ المؤلف حتّى ينتهى إلى رسول الله صلّى الله عليه وسلّم، ويصوّرة أخرى هو سلسلة الرجال الموصّلة للمتن.
المتن
لغة : الظهر، يذكر ويؤنق، ويجمع على متون.
ويقال هو ما صلب وإرتفع من الأرض.
إصطلاحا: ما ينتهى إليه السند من الكلام.
وبعبارة أخرى هو نصّ الحديث المروى، وهو غاية ما ينتهى إليه (السند من الكلام) قاله الطيبى وإبن جماعة.

بين القراِن والحديث القدسى والحديث النبوى

الحديث القدسى:
هو ما يضيفه النبى ص م ويسنده إلى ربه عزوجلّى.
مثل: "قال رسول الله ص م فيما يرد به عن ربه عزوجلّى " أو "قال الله تعالى فيما رواه عنه رسول الله صلّى الله عليه وسلّم".
وسبب تسميته" قد سياط فلانه منسوب إلى الذات إلى الله عزوجلّى، فهي نسبة تدلّ على التعظيم، أى منسوب إلى ذات الله المقدّسة.
ويطلق بعض العلماء على الأحاديث القدسية إسم (الأحاديث) و (الأحاديث الريانية).
ولمّا كان ذلك هو حال أمّة الإسلام أعزّها الله بعزّه وحماها بحمايته وأيديها بجنوده من عنده و حقق فيها وعده كما قال تعالى :

يأيها الذين آمنوا إن تنصرالله ينصركم و يثبت أقدامكم {محمد:7}

الفرق بين الحديث القدسي والقران الكري:
أوّلا: أنّ القران الكريم والحديث القدسى كليهما من عند الله عزوجلّى باللفظ والمعنى.
والفرق بينهما أنّ القران معجز ونقل إلينا بالتواتر وأمرنا أن نتعبد بتلاوة فى الصّلاة، القران لا يجوز روايته بالمعنى ولا تبديل كلمة بكلمة، أوحرف بحرف.
أمّا الحديث القدسى: فلايثبت له شئ من ذلك، فليس فيه إعجاز والمعنى من عند الله، أمّا: فمن عند رسول الله صلّى الله عليه وسلّم، والأحاديث القدسية ظنّية الثبوت لأن أكثر ها أخبار احاد،
ثانيا: أن القران لفظه ومعناه من عند الله عن طريق الوحي الجلي،والحديث القدسى معناه من عند الله بإلهام ولفظه من عند الرسول الله صلى الله عليه وسلّم.
الفرق بين الحديث القدسى و الحديث النبوي:
الحديث النبوي ينسب إلى الرسول ص م ويحكى عنه وقد قيل فى الحديث النبوي ألهم الرسول ص م معناه أو أوحى إليه به، وصاغة الرسول بلفظه من عنده. وقال أيضا أنه لفظه ومعناه من عند الرسول صلّى الله عليه و سلّم.
أمّا الحديث القدسى فنسبته إلى الله تعالى، والرسول صلّى الله عليه وسلّم يحكيه ويرويه عنه عزوجلّى.

عدد الأحاديث القدسية:
ذكر المحقّق أبو الفضل أحمد بن حجر الهيثمى رحمه الله فى شرح الأربعين النبوية أن عدد الأحاديث القدسية يتجاوز المائة، عند شرح حديث أبى ذر، وذكر أنه قد جمعها بعضهم فى جزء كبير، ثم قال :(وحديث أبى ذر هذا من أجلها).
من أهم المؤلفات فى الأحاديث القدسية:
1- الأربعين الإلهية أبى الحسن علىّ بن المفضل المقدّسى (ت 611ه).
2- مشكاه الأنوار فى ما روى عن الله سبحانه وتعالى من الأخبار للإمام محى الدين أبى عبد الله محمد بن علىّ الأندلس (ت 638ه).
3- الإتحافات السنية بالأحاديث القدسية للشيخ محمد، عبد الرؤوف بن زين العابدين القاهرى المعروف بالمناوى (1031ه)
البدعة
البدعة هي السبب من أسباب و أنواع المردود بسبب الطعن والراوى. وذلك فيما يتعلّق بالطعن فى العدالة. بعريفها:
البدعة لغة : مصدر بَدَعَ يَبْدَعُ بِدْعَةٌ أي أنشأ. وهي كلّ شئ أحدث على غير مثال سابق.
البدعة شرعا : الحدث فى الدين بعد الإكمال ممّا لا أصل له فى شرع.
وقد ورد فى الحديث الشريف (إياكم و محدّثات الأمور فإن كلّ محدّثة بدعة وكلّ بدعة ضلالة وكلّ ضلالة فى النّار).
أقسامها :
البدعة إمّا بدعة مكفرة أو بدعة مفسّقة.
البدعة المكفّرة : كالقول بحلول الإلهية فى على.
واختلف فى حكم رواية من رمى ببدعة مكفّرة على أربعة أقوال :
1- الردّ مطلقا وهو قول أكثر المحدّثين.
2- القول مطلقا.
3- إذا كان لا يعتقد حلّ الكذب لنصرة مذهبه قبل وإلاّ فلا. وهو قول الرازى والبيضاوى ورجحه الأسنوى.
4- تردّ رواية من أنكر أمر متواترا من الشرع معلوما من الدين بالضرورة وهو قول الحافظ إبن حجر.

البدعة المفسّقة :
كسب الصحابة واختلف فى حكم رواية من رمى ببدعة مفسّقة على خمسة أقوال :
أ‌. الردّ مطلقا : وهو قول مالك وأبى بكر الباقلانى وابن حاجب.
ب‌. القبول مطلقا.
ج. إذا كان لا يعتقد حلّ الكذب لنصرة مذهبه قبل إلاّ فلا حكى هذا القول على الشافعى وسفيان الثترى وأبى يوسوف القاضى. وقال الرازى : إنه الحقّ. ورجحه دقيق العبد.
د. تقبل رواية من لم يكن داعية إلى بدعته وهو قول أحمد وابن مهدى وابن المبارك و ابن المعين وابن الصلاح والذواوى.
ه. تردّ روايته إذا روى ما يقوى بدعته وهو قول ابن اسحاق الجور جانى
الاختتام
و من هذه المقالة نعرف أن الحديث هو مصدر التشريع الثانى بعد كتاب الله أي القران. مهما كان فيه كلام الله كمثل الحديث القدسى لايزال لقابه الحديث. فى زمن الماضى رسول الله ص م يمنع الصحابة للكتابة الحديث لأنه خوفا من إختلافه بالقران. فى أوّل الحضارة الثالثة من الهجرية بدأت الكتابة الكتب المسند (مثل : مسند نعيم بن حمّد). يمكن حتّى هنا مقالتى عسى أن ينفعنا جميعاز. شكر.


المراجع
1- جامع الأحاديث القدسية ،تأليف أبو عبد الرحمن عصام الدين الصبابطي الجزء 3-4.
2- إعراب الأحاديث النبوي ، تأليف أبو البقاء عبد الله بن الحسين العكبرى 538-616 ه ، الطبعة الثانية المزيدة والمنقحة.
3- منهج الإمام البخارى فى تصحيح الأحاديث و تعليلها (من خلال الجامع الصحيح )، أبو بكر الكافى، الطبعة الأولى، دار ابن الجزم بيرزت – لبنان :6366 /14